Sabtu, 29 November 2008

61. anak STM ( suka tawuran mulu )



Dulu waktu SMP ( smp 161 ) jarak dari rumah ke sekolah dekat banget, tinggal lompat. Begitu lulus lalu mengambil Sekolah Teknik, bukan SMA, tapi SMK, khususnya teknik kelistrikan dan Tata Udara. Namanya SMKN 54 Kemayoran. Reporter Prambors pernah lho mampir ke situ.

Aku tidak mau membicarakan tentang sekolahnya, tapi cerita waktu aku jadi anak STM yang mendebarkan. Waktu itu masih pakai kendaraan umum. Sebelum BBM naik tahun 2005, tarifnya Rp 500, setelah naik jadi Rp 1000. Tapi kalau kondekturnya galak, Rp 500 gak boleh duduk harus berdiri.

Pernah naik bis bareng anak-anak BUDUT ( SMK Budi Utomo ),terus kami dicegat oleh musuh kami di Penang Bistro Pakubuwono. Hanya anak-anak Budut yang turun, kecuali aku masih tertinggal di bis. Mereka dikejar dengan menghunuskan senjata tajam dan kopel ( gesper berkepala besi). Oh Tuhan aku selamat. Inikah namanya tawuran. Sangat menjijikan. Lebih menjijikan daripada seonggok kotoran kerbau yang dihinggapi lalat bunting, bunting di luar nikah pula.

Lalu naik bis dari Senen, eh ada tas kertas di pojok kursi. Begitu aku buka isinya kacang mede matang dan kwaci beserta struk dari Pasaraya Grande bertuliskan seharga Rp 29.000. Lumayan rejeki. Dapat Rp 1000 pula , buat ongkos nih.

Eh ada pengamen matanya cuma satu. Tapi suaranya bagus banget. Begitu aku kasih dia menolak. Dia gak mau nerima dari pelajar. Kalau pengamennya bengo-bengo ( teriak teriak), aku takut. Mereka bilang, "Daripada kami nodong, mendingan kami meminta pada Anda." Aku kasih aja daripada dipalak. Pernah lho aku hampir dipalak sama dua gembel. Mana bis lagi sepi. Di kantongku ada Rp 250.000. Untung aku selamat. Mereka hanya mengobrak-abrik tas dan kantong celana depan, padahal uangnya ada di kantong belakang. Allah melindungiku. Pernah juga sih dipalak kena Rp 15.000. Sedih nich!.

Ada lho pengemis suami istri yang dua-duanya buta. Mereka dituntun oleh anaknya yang umurnya masih 10-an tahun. Mereka naik dari Senen lalu turun di Mayestik. Jadi terharu.

Sebelnya kalau naik bis pas sore hari, penumpangnya bau ketek, kecuali aku. Karena Rexona setia setiap saat. Promosi nih. Pernah aku lapar banget lalu ada penjual donat seharga Rp6000, tapi aku dicuekin. Dikira aku pelajar yang miskin. Eh gak ada yang beli. Kasihan dech!!!.

Tahu artis berinisial UA? Yang mirip Benyamin itu. Dia ketua Komite Sekolah di SMK 54. Anaknya satu sekolah denganku. Dia adalah promotor tawuran. Semua anak dipengaruhi agar tawuran. Tawurannya sama anak Tamsis, Grafica, atau Poncol. Aku pengen coba-coba tawuran, tapi takut mati.Lagian siapa yang berani tawuran. Aku aja gak pernah berantem sama teman sekelas. Paling-paling berantem kalau rebutan kerupuk sambal terasi. Itu juga waktu masih SD. Eh bener, besoknya ada yang tewas. Di lapangan ada bendera 1/2 tiang. Bukan dari sekolahku yang tewas, dari sekolah lain. Temanku hanya bocor kepalanya. Aku nyumbang deh buat biaya pengobatannya. Siapa suruh tawuran, gue yang nyumbang. Satu kelas juga nyumbang.

Mana sekolah gak ada ceweknya, membosankan. Kantinnya kurang variatif makanannya. Paling makan mie ayam pakai ganja (daun bawang). Anak STM beraninya cuma tawuran, gak berani merangkai instalasi listrik. Takut kesetrum katanya. Kalau mereka agendanya tawuran, ngegele ( ngisap ganja ), nokip ( mabuk), aku mah ngeBand aja. Padahal gak bisa main alat musik. Paling-paling tamborin ( he he he hi hi hi ha ha ha ). Nyanyi juga sih.

Kembali ke bis, maksudnya busway. Lagi promosi jadinya gratis, bolak-balik sampe puas. Giliran gak gratis gak naik lagi. Kembali ke tawuran, maksudnya pengeroyokan. Bis yang aku tumpangi berhenti di Dukuh Atas, aku duduk di depan, dua anak Budut di belakang. Tiba-tiba banyak anak sekolah menyerbu ke bis, eh dua anak Budut dikeroyok, untung bukan aku. Allah melindungiku. terima kasih Allah ( bukan terima kasih cinta ). Padahal waktu itu aku gak pernah shalat, tapi si pengeroyok dikeroyok balik sama penumpang bis. Rasain LU!.

Kalau baca koran ada anak sekolah yang tewas dikeroyok. Biasanya yang tewas anak baik-baik, mereka gak tawuran hanya nunggu bis, lalu dibacokin. Sangat memprihatinkan dan memalukan. Lebih memalukan daripada ditangkap KPK di kamar Hotel dan disuruh pake baju bertuliskan "tahanan KPK", masuk koran Tempo pula.Pernah sekali waktu aku lagi nunggu bis, tiba-tiba segerombolan anak sekolah turun dari bis. Aku tentu ketakutan, mukaku merah, keringatan, eh mereka cuma nanya," Mau ke mana?" Kujawab," ke Blok M." Mereka menjawab lagi, "Bareng yuk!" Memang mukaku itu imut-imut banget, baby face, jadi gak ada yang tega membunuhku apalagi menyakitiku khususnya pacarku.

Sudah ah capek nih ngetiknya, soalnya masih banyak pengalaman selama 3 tahun menjadi anak STM yang mendebarkan yang tak cukup hanya ditulis di blog ini.

Sabtu, 22 November 2008

60. Sibuk


Lagi gak sempat nulis di BLOG nich!

Banyak kerjaan

Mungkin nanti akhir tahun bisa cerita-cerita liburannya

Tapi bikin pantun dulu yuk

jalan jalan ke pasar kamis
pengen beli mangga muda
kirain masih gadis
ternyata udah janda

jangan banyak banyak makan sekoteng
nanti sakit perut
emang gue ganteng
tapi sering kentut

kuku cewe gue lentik lentik
seperti kuku kucing
dia sih cantik
mirip novia kolojenking ( kolopaking)

Selasa, 11 November 2008

59. Tertawa



Luise Rinser, pengarang wanita yang banyak menulis tentang pengalaman relijius, pernah ketemu dengan Dalai Lama. Rinser, sangat terkesan dengan tokoh spiritual Tibet yang kini dalam pengasingan. Apa yang membuat ia terkesan akan Dalai Lama? Tertawanya!. Tawa Dalai Lama itu demikian lepas dan bebas.

Tawa itu tampaknya demikian penting dalam hidup Rinser. Dalam penutup roman terakhirnya, Aeterna, ia menulis , segala kegelisahan dan pertanyaan manusia akhirnya hanya dapat diatasi dengan tertawa. Tertawa itu membebaskan. Tertawa itu tanda dari kemerdekaan terhadap segala belenggu dan kebijaksanaan manusia yang pasrah dan menyerah.

Rinser mengajak kita untuk belajar tertawa. Sesungguhnya kita dapat menertawakan apa saja : kegelisahan, keraguan, dan problem hidup kita. Tak ada problem hidup yang akan berlangsung selamanya. Dan kita dapat mengatasi problem itu jika kita mau tertawa bersamanya.

Namun, mengapa kita jarang tertawa? Mungkin kita terlalu menganggap diri kita penting, dan hidup kita demikian serius. Kita hanya terpaku pada tugas dan tujuan hidup kita. Kita hanya mengenal kerja dan kuliah. Di luar itu, kita tidak mengenal apa pun jua. Hal ini membuat hidup kita sumpek dan jenuh, sedih, serta muram. Kita kehilangan kegembiraan dan keceriaan.

Maka dari itu kita perlu tertawa. Bila kita bisa tertawa, justru ketika kita dilanda oleh masalah yang berat, kita akan mengakui, betapa tertawa itu membebaskan. Pada saat itu pula kita tahu, bahwa tertawa itu rahmat. Memang hanya karena rahmat tertawa itu kita bisa bergembira dan bersyukur terhadap apa saja yang diberikan Tuhan pada kita, suka maupun duka.

Sabtu, 08 November 2008

58. alam kubur


هتاكربو ﷲا ةمحرو مكيلع مﻼسلا /> > Salam sejahtera > > > > Kubur itu gelap , cahayanya ialah Laa Ilaaha illAlLah . > > Jika diletakkan langit dan bumi di sebelah dacing, > > dan kalimah ini di sebelah yang satu lagi, > > pasti lebih berat lagi nilai kalimah ' Laa ilaaha> > illAlLah ' ini . > > > > Rasulullah saw. bersabda ( mafhumnya ): > > ' Wahai manusia ! Ucaplah ' Laa ilaahaillalLah'> > , kamu pasti berjaya!' > > Marilah kita ucapkan kalimah ini : ' Laa ilaaha> > illallah !' x 10 > > > > Setelah ucapkannya sebanyak 10 kali, > > fowardkan email ini kepada sekurang - kurangnya 10 orang> > rakan-rakan anda . > > Bayangkan betapa besarnya pahala yang Allah sediakan, > > hanya untuk usaha kita yang sedikit ini > > Laa ilaaha illalLah ! > > > > Sekian terima kasih > > Wassalam.

Jumat, 24 Oktober 2008

57. fajar subuh


jika fajar subuh merangkak ke bumi
azan mendesah-desah di kolong langit yang redup
seredup hatiku yang terlumuri dosa
seamis nafsuku yang tertetesi getah ego

bunyi azan yang tidak stereo
memanggilku untuk shalat
lalu aku merangkai doa dengan nada sumbang

tentramlah hatiku yang galau
aku yang lalai pada-Nya
takut akan azab-Nya

saat ini
gulma-gulma semakin liar menggerogoti akar-akar iman penduduk kota ini
akar yang menopang pohon iman
pohon yang akarnya menghujam ke kalbu
batangnya tegak dalam syahadat
buahnya menjutai dalam ihsan

Senin, 29 September 2008

56. TPU Tanah Kusir




Dulu tahun 1997 rumah saya dekat dengan tpu tanah kusir. Di situ saya bermain, main apa saja. Yang menarik jika ada penguburan, jika umat kristen disertai lagu pujian beda dengan muslim yang lebih tenang.
Jika umat Budha lebih meriah, ada sesaji sampai ornamen replika tempat tidur, mobil, dan uang yang dibakar. Pernah sekali peti matinya diperciki darah dari lidah oleh pelayat dengan pisau besar, aduh ngilunya.

Kalau Cheng Beng ( hari berziarah ), pasti kuburan Budha dipenuhi makanan . Jika peziarahnya sudah pergi, langsung aku dan teman-teman menyerbu makanan. Dapat jeruk, apel, bakpau, dan daging ayam.

Yang heboh saat ada pemakaman korban Garuda yang kecelakaan di Medan, jenazahnya itu bau banget itupun sudah diberi bubuk kopi. Juga waktu pemakaman mahasiswa tragedi Trisakti, ramai banget. Waktu Dono warkop apalagi. Banyak deh yang lain.

Tahu Ruhut Sitompul SH, dia pernah membelikanku es krim saat dia ziarah. Aku kadang-kadang pernah dikasih Rp5000 atau Rp20000 sama yang berziarah. Pernah juga dikasih Rp140.000, perlu digarisbawahi saya bukan perawat makam yang menyapu makam dan menyiram rumput.

Hingga akhir SMP (2003) aku tak sering lagi ke sana.

Rabu, 17 September 2008

55. 21 tahun


14 september yang lalu
aku ulang tahun ke 21

sudah dewasa, tak menyangka


semoga hidupku semakin beruntung dan baik

Amin
itu saja nulisnya
selamat puasa

Jumat, 05 September 2008

54 DVD ilegal


mengisi bulan puasa dengan nonton dvd bajakan


abis yang asli mahal sih


tapi kualitasnya kurang bagus



film yang aku tonton


Indiana Jones kingdom of the crystal skull

Quickie Express

Kung Fu panda

Pathfinder

Minggu, 17 Agustus 2008

53. Ilmu



"Jika engkau ingin dunia, hendaklah disertai dengan ilmu.


Jika engkau ingin akhirat, hendaklah disertai dengan ilmu.


Jika engkau ingin keduanya , hendaklah disertai dengan ilmu". ( al hadits )

Minggu, 10 Agustus 2008

52. Donat Goreng


Glazze morning,
Salam hangat dari JCO Donuts and Coffee.
Sebelumnya kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian yang
begitu besar terhadap kami

Menjawab pertanyaan Anda, kami ingin menginformasikan bahwa J.CO Donuts
& Coffee menggunakan bahan-bahan premium terbaik di dunia dan diproses
secara langsung ditempat & higienis. J.CO adalah brand international
yang telah beroperasi di 25 outlet di seluruh Indonesia. Untuk
keterangan lebih lanjut mengenai lokasi JCO terdekat dapat menghubungi
hotline kami di 08158898000.
Untuk masalah item yang paling diminati, Top five dari JCO Donuts and
Coffee adalah alcapone, glazzy, tira miss u, coco loco, dan
chrunchy-chrunchy.
Untuk masalah delivery order, saat ini kami hanya menyediakan delivery
service untuk pembelian minimum 50 dozen donut, untuk wilayah jabodetabek.

Semoga penjelasan kami dapat menjawab pertanyan Anda.
Besar harapan kami agar JCO Donuts & Coffee tetap menjadi tempat pilihan
anda dalam menikmati donuts & coffee
Terimakasih

Regards,
Indah
J.CO Donuts & Coffee
Jakarta-Indonesia

Jakarta: Supermall Karawaci, Mall Kelapa Gading 2, Cilandak Town Square,
Plaza Semanggi, Margo City (Depok), Senayan City, Mall Taman Anggrek,
Mangga Dua Square, Mall Artha Gading, Bintaro Plaza, Metropolitan Mall,
Pondok Indah Mall, Plaza Kalibata, Sumarecon Mall Serpong. Bandung:
Ciwalk, Istana Plaza, Paris Van Java. Surabaya: Supermal Pakuwion.
Makasar: Mal Panakukang. Pekan Baru : SKA Mall. Batam : Mega Mall Batam
Center. Palembang : Palembang Indah Mall. Bogor : Botani Square. Medan:
Sun Plaza
J.COing Soon: | Manado | Bali

?AnTo ( Syahukani.,sudarmANTO ) wrote:
> Assalamualaikum
>
> Saya ingin bertanya tentang donat goreng .
> Di dekat rumah saya ada usaha donat ( UKM ) 3 tempat, tapi cara
> membuatnya aneh , digoreng.
>
> Apakah cara memasak seperti itu sudah tepat?.
> Para pemiliknya pun cukup makmur.
>
> Rasanya enak untuk ukuran donat kelas bawah.
> Saya belum pernah makan J-Co. Dari mana J-Co berasal?.
> Rasa apa yang paling laku?. Sekalian tanya no.Telp , bisa 'kan delivery?
>
> Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels
>
> with Yahoo! FareChase.
> ------------------------------------------------------------------------
>
> No virus found in this incoming message.
> Checked by AVG Free Edition.
> Version: 7.5.485 / Virus Database: 269.13.3/986 - Release Date: 9/3/2007 9:31 AM
>

Kamis, 31 Juli 2008

51. Nama dan kebesaran Allah SWT

Nama-Nya dalam tumbuhan
Nama Allah dalam sarang lebah( madu)
Aurora menuliskan nama Allah
Kaktus menyerupai tulisan Allah
Pohon membentuk gerakan rukuk di Sydney
nama Allah di puncak gunung
nama Allah di daratan Afrika

50. Ingin Sembuh


Aku punya penyakit, yang belum tersembuhkan.
Karenanya aktivitasku terhenti hampir 2 tahun.

Setiap hari aku aku sendirian di rumah. Semua orang di rumah pastinya bekerja.

Semua teman sudah kuliah dan ada yang sudah bekerja.

Kalaupun aku keluar rumah, hanya ke masjid , minmarket, atau bioskop.

Ya Allah, aku belum putus asa. Masih berikhtiar agar sembuh.
Dan punya kesempatan untuk memperbaiki ibadahku, menikah dengan kekasihku, dan berbuat hal-hal yang positif dalam hidupku.

Amin

Jumat, 18 Juli 2008

49. pria kesepian


serasa hilang dan terbuang
malam ini raganya terpasung dalam pagoda
dalam kesendirian
berdialog dengan cahaya bintang masa lampau

binatang-binatang malam benyanyi
jangkrik, katak ,pungguk, serigala
bernyanyi dalm komposisi irama malam
menemani pria kesepian

dia pria itu bersiul
bunyinya berputar-putar terkonveksi dalam kamar
melanggar nada-nada sunyi
lalu tidur beralaskan tikar-tikar mimpi

retak selaput matanya
sungguh melankolis dia menangis
bukan fatalis dia
dia masih berharap
juga masih ingin melihat
gelombang matahari merah muda
dalam tabir cakrawala

meski8 kepalanya masih ytercabikcabik duri cinta
berdarahdarah
tersungkur ketanah
terinjakinjak dan tergilas roda dunia
dan terbakar solar semesta

Jumat, 04 Juli 2008

48. yang pertama



Gaji pertama
3 Agustus 2006, Rp 250.000, sebagai tukang fotocopy dan foto orang. Di Bintaro Foto, hanya mengisi waktu luang saat liburan kelulusan, cuma 3 bulan.

Nonton Pertama

Narnia ( part 1 ), 19 Desember 2005, di 21 Sunter mall, nomat Rp 15.000.

Onani/ coli pertama

25 Desember 1999, lalu disunat 14 maret 2001. Coli pertama di WC.

mabuk pertama

saat study tour ke Suralaya, Banten, September 2004. White wine, dicampur Extra Joss.
FLY........., norak ya.

merokok pertama
baru-baru ini, Juni 2008. Rokoknya Surya Slims.

Shalat pertama

maksudnya shalat secara 5 kali ( 5 waktu lengkap), 19 mei 2007.
Karena takut sekali pada tulisan ini pada kertas di halaman rumah ( sampah kertas).
Begini tulisannya:


"Apakah yang menyebabkan kamu masuk neraka saqar ini?". Mereka menjawab:" kami bukan termasuk golongan orang-orang yang mengerjakan shalat." [QS.Al Mudathir:42-43].

SIKSAAN KETIKA HIDUP DI DUNIA
-Allah kurangkan keberkatan umurnya
-Rezekinya dipersempit oleh Allah
-Tidak ada tempat baginya di sisi agama islam
-Doanya tertolak
-Hilang cahaya saleh dari wajahnya
-Amal kebaikan yang dilakukan langsung tidak diberi pahala

SIKSA KETIKA SAKARATUL MAUT
-Ia akan menghadapi sakaratul maut dalam keadaan hina
-Matinya dalam keadaan kelaparan
-Matinya dalam keadaan sangat haus walau diberi air sebanyak tujuh lautan

SIKSAAN KETIKA BERADA DI DALAM KUBUR
-Allah akan menyempitkan kuburnya sesesempit-sempitnya
-Kuburnya akan digelapkan
-Allah akan menyiksanya dengan pedih seperti hari kiamat


SIKSAAN KETIKA BERADA DI AKHIRAT
-Ia akan dibelenggu dan diseret ke padang mahsyar oleh Allah
-Allah tidak akan memandangnya dengan pandangan belas kasihan
-Allah tidak akan mengampuni dosanya dan akan disiksa keras di neraka

NISBAH BAGI ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT

Shubuh: Ia akan disiksa selama 60 tahun di neraka
Dzuhur:Dosanya seperti membunuh 1000 jiwa orang islam
Ashar:Dosanya seperti meruntuhkan Ka'bah
Maghrib: Dosanya seperti ia berzina dengan bapaknya atau ibunya
Isya:Allah tidak akan ridha ia hidup di bumi-Nya

Rabu, 02 Juli 2008

47.cowok simple



jalan-jalan ke Pondok Indah mall ( mol)
pengen jajan kue
biarpun gw doyan jengkol
tapi banyak cewek yang nyium gue

malam mingguan naik BMW
sambil makan soto kambing
biarpun sering nginep di rumah cewek gw
tapi gw masih perjaka ting ting

Sabtu, 28 Juni 2008

Rabu, 04 Juni 2008

INTERMISSION



AKTIVITAS BLOGGING ABUWASWAS BERHENTI SEMENTARA HINGGA BATAS WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN

Selasa, 27 Mei 2008

45. Syukur Alhamdulillah






Salah satu gizi spiritual dalam menghadapi kehidupan adalah bersahabatdengan “alhamdulillah” yang artinya segala puji bagi Allah Swt.Orang-orang yang sering bersahabat dengan “gizi spiritual” ini,insyaAllah hidupnya akan lebih bahagia dibanding yang mereka duga.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku seorangsuami, sebab banyak orang yang ingin bersuami namun belum menemukannya. Suami dengan segala keangkuhannya, menyebabkan hambamu ini mampu belajar sabar.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku seorang istri,sebab banyak orang yang ingin beristri namun belum menemukannya. Istri dengan segala kesulitannya untuk dididik, menyebabkan hambamu ini harus banyak belajar ilmu Andragogy”, yaitu pendidikan untuk orang-orang dewasa.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku beberapa anak,sebab banyak orang yang ingin punya anak namun belum engkau izinkan dan juga banyak yang belum punya anak karena memang belum ketemu jodoh. Anak dengan segala kesulitannya untuk dinasehati, menyebabkan hambamu ini harus banyak menambah ilmu agar sesuai dengan perkembangan zaman anak-anak.
Dengan kehadiran anak-anak, justru menyebabkan hambamu malu kalau mau bertengkar dengan istri dan suami.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau menitipkan kepadaku seorang atasan pemarah dan sering mengungkit-ngungkit berbagai masalah, sebab banyak orang yang tidak punya atasan, bukan karena dirinya atasan tapi karena dirinya menganggur. Dengan atasan pemarah hambamu berkesempatan untuk mendoakan semoga beliau segera sadar bahwa kemarahan akan menghancurkan siklus kehidupan dirinya sendiri.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau menitipkan kepadaku banyak karyawan, yang sebagiannya suka demo minta tuntutan gaji dan kesejahteraan lainnya, sebab banyak orang tidak punya karyawan sebab sudah lima tahun belakangan ini perusahaannya gulung tikar dan bahkan tikarnyapun sampai tidak ada yang digulung. Dengan punya karyawan, semoga hambamu bisa menjadi salah satu jalan rizki bagi mereka dengan seizin Engkau ya Allah.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan orang-orang disekelilingku sebagian ada yang menyakiti, walaupun hamba-Mu ini telah berusaha untuk berbuat baik kepada siapapun sekuat kemampuan. Sebab, banyak orang yang tidak pernah disakiti orang lain karena dalam hidupnya tidak pernah bergaul dengan masyarakat banyak. Semoga dengan disakiti dan hambamu tetap ingin berbuat baik dengan yang menyakiti menyebabkan Engkau akan mengabulkan doa-doa orang yang terdhzolimi ini.
Alhamdulillah ya Allah, Engkau memberi kesempatan kepadaku, kuliah tidak sesuai dengan jurusan pilihan pertama, sebab banyak orang yang tidak pernah menikmati jurusan kuliah karena kekurangan dana untuk memenuhi keinginannya kuliah. Dengan kuliah tidak sesuai jurusan, semoga akan punya lebih dari satu keahlian, keahlian pertama adalah jurusan ketika kuliah dan keahlian lainnya adalah mempelajari sendiri banyak hal yang dulu dicita-citakan.

Banyak hal didunia ini yang bisa kita syukuri dengan mengucapkan “Alhamdulillah”, dan dengan sering mengucapkan alhamdulillah, milyaran peluang prestasi akan mengejar-ngejar kita.
Banyak hal didunia ini yang kita tidak siap menyukuri dengan mengucapkan “Alhamdulillah” dan dengan sering merasa berat dan bahkan enggan mengucapkan alhamdulillah, milyaran peluang prestasi akan lari meninggalkan kita.Berani hadapi tantangan bersahabat dengan alhamdulillah agar hidup dikejar-kejar prestasi???

Jumat, 23 Mei 2008

44. Dikejar Anjing


Berangkat ke sekolah dicegat oleh anjing kecil. Si Angga ketakutan, dia lari duluan. Anjing tidak mengejarnya. Aku teriak ke dia, " pengecut Lu! ".


Dengan sok berani aku tetap berjalan, tapi anjingnya memandang sinis padaku. Giliran aku yang berlari, si anjing malah mengejarku. Aku berlari sekitar 30 M.


kejadiannya di taman, depan rumah pak RT.


dari Buku Harian tanggal 26 September 2005

Rabu, 14 Mei 2008

43. Masjid mati


selalu ku datangi masjid mati
masjid tanpa pujaan hati
andai bukan karena Allah
runtuhlah kubah-kubah
kelamlah angkasa siang
membisu pula mimbar-mimbar

Kamis, 08 Mei 2008

42. Dicukur



Oboh misbah , dia memanggilku, memperingatkanku agar memotong rambut. Jambangku ditarik, aduh sakit, teman-teman pada kabur.
Lagi bercanda-canda di kelas, dia datang lagi, bawa gunting, kepalaku dijitak, aduh sakit lagi, dan rambutku dicukur acak-acakan. Malam ini baru aja ke salon, botak nih, mas pencukurnya bilang, "dicukur guru ya".

dari buku harian tanggal 19 Juli 2005

Rambut gondrong nih, kena hukuman nih, berdiri di lapangan ditonton semua orang ( lagi upacara) .Udah pengen lolos tuh, eh malah ketahuan Sugeng, digampar pipi gue. Akhirnya rambut gue dicukur lagi.

Buku Harian tanggal 17 April 2006

Minggu, 27 April 2008

41. Wasiat Rasulullah

Menurut hadist Rasulullah Shallallahu ‘Allahi Wasallam, dunia ini adalah sawah atau ladang tempat bercocok tanam hasil panennya akan kita nikmati di hari kiamat kelak. Bila amal baik yang kita tanam, kita akan panen yang baik pula. Pun bila amal buruk yang kita tanam, kita akan panen yang buruk pula. Untuk mendapatkan panen yang baik di akhirat kelak bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Masalahnya, semua perbuatan buruk yang kita lakukan di dunia ini tidak ada yang mengenal konsep batal pahalanya, sementara semua amal baik yang kita lakukan, mengenal konsep batal pahala. Bahkan yang baik kita lakukan untuk dapat diterima Allah subhanahu Wata’ala harus lolos delapan pos pemeriksaaan, yaitu :

Pertama, di pintu langit yang pertama yakni pos pemeriksaan ghibah (menggunjing kejelekan orang lain). Siapa yang melakuakan amal baik, tapi masih suka ghibah, maka semua amal baiknya ditolak di pintu langit pertama. Dan amalnya dicampakan kembali oleh malaikat ke wajahnya.

Kedua,di pintu langit kedua, yakni pos pemeriksaan sum’ah(pamer). Amal baik hamba yang lolos di langit pertama akan diperiksa di langit kedua. Bila amal baiknya terkontaminasi dengan sum’ah, maka semua amal baik ditolak di pintu langit kedua. Dan amal baiknya dicampakan kembali oleh malaikat ke wajah si pelakunya.

Ketiga, di pos langit ketiga yakni pos pemeriksaan takabbur(sombong). Amal baik hamba yang lolos di langit pertama dan kedua akan diperiksa di langit ketiga. Bila amal baiknya terkontaminasi dengan rasa sombong/takabbur, maka semua amal baiknya ditolak di pintu langit ketiga. Dan amal baiknya itu dicampakan kembali oleh malaikat ke wajahnya.

Keempat, di pintu langit keempat yakni pos pemeriksaan ujub (merasa diri paling hebat). Amal baik hamba yang lolos di langit pertama, kedua, ketiga akan diperiksa lagidi langit keempat. Bila amal baiknya terkontaminasi dengan ujub, maka semua amal baiknya ditolak di pintu langit keempat. Dan amal baiknya dicampakan kembali oleh malaikat ke wajah si pelaku.

Kelima, di pintu langit kelima yakni pos pemeriksaan hasud (iri dengan keberhasilan orang lain). Amal baik hamba yang lolos dipintu langit pertama sampai keempat akan diperiksa lagi di langit kelima. Bila amal baiknya terkontaminasi dengan hasud, maka amal baiknya ditolak di pintu langit kelima. Dan amal baiknya itu dicampakan kembali oleh malaikat ke wajahnya.

Keenam,di pintu langit keenam, yakni pos pemeriksaan rasa kasih sayang. Amal baik hamba yang lolos di pintu pertama hingga kelima akan diperiksa lagi di langit keenam. Bila amal baiknya yang dilakukan tidak dilandasi dengan rasa kasih sayang, maka semua amal baiknya ditolak di pintu langit keenam. Dan amal baik tersebut dicampakan kembali oleh malaikat ke wajah si pelakunya.

Ketujuh, di pintu langit terakhir,yakni pos pemeriksaan pamer terhadap ulama. Amal baik hamba yang telah lolos di pintu langit pertama hingga keenam, akan diperikasa lagi di langit ketujuh. Bila amal baik yang dilakukan itu terkontaminasi dengan pamer terhadap ulama, maka semua amal baik itu ditolak di langit ketujuh. Dan amal baik itu dicampakan kembali oleh malaikat kewajahnya.

Kedelapan,di hadapan Allah subhanhu wata’ala, yakni pos pemeriksaan keikhlasan hanya karena Allah subhanahu wata’ala. Amal baik hamba yang lolos di semua pintu langit, akan langsung dibawa ke pos pemeriksaan yang terakhir yakni dihadapan Allah subhanahu wata’ala. Bila amal baik itu terkontaminasi dengan niat-niat lain, tidak ikhlas, tidak murni niat hanya untuk Allah Subhanahu Wata’ala, maka amal baik itu ditolak dan dicampakan kembali oleh malaikat ke wajahnya.

Delapan pos pemeriksaan amal baik di atas lebih lengkap dan jelasnya dapat anda rujuk (baca) pada kitab Syarah Ratibul Haddad yang disusun oleh Sayyid Alwi bin Ahmad Al-Haddad pada halaman 42-44. Delapan pos tersebut sebenarnya adalah wasiat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang disampaikan ke sahabat Sayyidina Muaz bin Jabal Radhiallahu Anhu, secara khusus. Namun secara umum wasiat tersebut juga untuk kita sebagai umatnya. Saat mendengar wasiat tersebut Sayyidina Muaz bin Jabal Radhiallahu Anhu menangis tersedu-sedu begitu lama. Lalu dengan rasa takut amat sangat Sayyidina Muaz bin Radhiallahu Anhu, berkata: “Ya, Rasulullah! Kamu adalah Rasullullah, bagaimana aku!, aku hanyalah seorang Muaz bin Jabal, lalu bagaimana amal baikku bisa selamat dan lolos!”

Ya rabb, dengan rahmatMu, ya rasulullah! Dengan syafaatmu, dan dengan berkah para auliya serta solihin, semoga amal-amal baikku yang sudah banyak terkontaminasi dengan niat-niat kotor dan jahat masih dapat dibersihkan dan diterima. Jagalah hati dari niat-niat kotor dan jahat. Dan teruslah beramal baik, tinggalkan segera amal buruk. Perbanyak sholawat kepada Rasulullah Shalallhu ‘Alaihi Wasallam, karena sholawat dapat membersihkan hati kita. Disamping itu sholawat tidak terkena delapan pos pemeriksaan di atas karena sholawat langsung disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam. Jadi sholawat adalah satu-satunya amal baik yang tidak mengenal konsep batal pahala.

Jumat, 18 April 2008

39. Kursi Roda



Hari ini melihat sepasang anak SMA laki-laki di jalan Proklamasi.

Yang salah satunya menggunakan kursi roda, mungkin cacat.

Satu lainnya mendorong dengan kasih sayang. Terharu. Sedangkan aku masih saja sering bolos dan telat.

dari buku harian tanggal 26 September 2005

Sabtu, 12 April 2008

38 Setan Pun Punya Rasa Takut


Seorang manusia bertemu dengan setan saat waktu subuh. Entah bagaimana awalnya, akhirnya mereka berdua sepakat mengikat tali persahabatan. Ketika waktu subuh berakhir dan orang itu tidak mengerjakan shalat, maka setan pun sambil tersenyum bergumam, "Orang ini memang pantas menjadi sahabatku." Begitu juga ketika waktu dzuhur, orang ini tidak mengerjakan shalat. Setan tersenyum lebar sambil membatin, "Rupanya inilah bakal teman sejatiku di akhirat nanti." Namun, ketika waktu ashar hampir usai, sahabat setan itu dilihat masih asyik juga dengan aktivitasnya. Sang Setan terlihat mulai terdiam . Kemudian ketika datang saat maghrib, sahabatnya itu ternyata tidak shalat juga, maka setan nampak mulai gelisah, senyumnya mulai berubah menjadi kecut. Dari wajahnya nampak bahwa ia seolah-olah sedang mengingat-ingat sesuatu.Dan akhirnya ketika dilihatnya sahabatnya itu tidak juga mengerjakan shalat Isya, maka setan itu betul-betul mulai panik. Ia rupanya tidak bisa menahan diri lagi, dihampirinya sahabatnya yang manusia itu sambil berkata dengan penuh ketakutan, "Wahai sobat, aku terpaksa memutuskan persahabatan kita." Dengan keheranan manusia ini bertanya, "Kenapa engkau ingkar janji, bukankah baru tadi pagi kita berjanji akan menjadi sahabat ?"--"Aku takut!" jawab setan dengan suara gemetar. "Nenek moyangku saja yang dulu hanya sekali membangkang pada perintah-Nya, yaitu ketika menolak disuruh sujud pada Adam, telah dilaknat-Nya. Apalagi engkau, yang hari ini saja kusaksikan sudah LIMA KALI membangkang untuk bersujud pada-Nya. Tidak terbayangkan olehku bagaimana besarnya murka Allah kepadamu," kata setan sambil bergegas pergi.

Sudahkah Anda Shalat ? "Sebarkanlah ajaranku walau hanya satu ayat." (Al Hadits)

Kamis, 10 April 2008

37. keutamaan Dzikir


Imam Muslim, An Nasai dan Al Bazzar meriwayatkan: " Maukah kalian aku beritahukan amal perbuatan yang terbaik dan terbersih dalam pandangan Rabb kalian, amal perbuatan yang tercepat dalam meninggikan derajat kalian, amal perbuatan yang lebih baik dari sedekah emas dan perak, amal perbuatan lebih yang baik daripada berperang di jalan Allah? Kemudian para sahabat menjawab: " tentu kami mau ya Rasulullah". Lalu Rasulullah memberitahukan kepada mereka, "amal perbuatan itu adalah dzikir kepada Allah SWT."


Lafaz dzikir yang afdhol adalah :Laa ilaaha illa Allah.

Kamis, 03 April 2008

36. Alamat-alamat email [ part 2 ]

Program, Prambors FM [Edit]
program@pramborsfm.com
Project, Rudy (eyewear) [Edit]
rudyproject@cbn.net.id
Prudential [Edit]
career@prudential.co.id
Putera, Jasaraharja [Edit]
pusat@jasaraharja-putera.co.id
putuss [Edit]
putuss@pramborsfm.com

Radio, Elshinta [Edit]
redaksi@elshinta.com


Republika [Edit]
citizen@republika.co.id
RI, Perpustakan Nasional [Edit]
info@pnri.go.id
Risman, Elly [Edit]
kitadanbuahhati@yahoo.com
RSPI, Lasik [Edit]
lasik@rspondokindah.co.id
Saksi & Korban, Lembaga Perlindungan [Edit]
info@lpsk.or.id
Salam, As [Edit]
as_5alam@yahoo.co.id
Sanken [Edit]
help@sankencorp.com



School, Binus [Edit]
admission@binus-school.com
Scrip, Data [Edit]
info@datascrip.co.id
Security, Indo [Edit]
info@indosecurity.com
sekolah mode, Esmod [Edit]
marketing@esmodjakarta.com
Seluruh Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit [Edit]
persi@pacific.net.id
Sentra Medika, Stephani (home_sweet_home_clinic) [Edit]
klinik_ssm@yahoo.com
Shambazy, Budiarto (politik) [Edit]
bas2806@kompas.com
Shop, Oke [Edit]
customercare@oke.com
Situmorang, Ian [Edit]
ian@bolanews.com
skin care, Carla [Edit]
info@carlaskincare.com
Skor, Top (sport_paper) [Edit]
topskor@cbn.net.id
sms, iGUANA [Edit]
cust_service@iguanatechnology.com
soap, Sonoma [Edit]
sonoma@adimulia.com
Solusi Inti, Garuda [Edit]
lowongan@gsi.or.id
Star.com, Lippo [Edit]
linkcenter@link.net.id
Stone, Rolling (MUsic_magz) [Edit]
rollingstone@jhpmedia.com
Studio, Digital ? [Edit]
surabaya@digitalstudio.co.id
Sunatan, Rumah [Edit]
contact@rumahsunatan.com
Sunda, Dapur [Edit]
contact@dapur-sunda.net
tabloid, Teen [Edit]
tabloid.teen@gmail.com
Taman Impian, Ancol [Edit]
marketing@ancol.com
Tanggap, Aksi Cepat [Edit]
info@aksicepattanggap.com
Teknologi nasional, Institut Sains dan [Edit]
pmb@istn.ac.id
Telkomsel [Edit]
cs@telkomsel.co.id
Thump, Oakley [Edit]
cs@cvbali.com
Tokyu land, Haka (real_estate) [Edit]
haka-tlc@dnet.net.id
Tour, Panen (biro_wisata) [Edit]
panentour@panentour.com
Tour, Vaya [Edit]
outbound@vayatour.com
tour & travel, Inter [Edit]
iwm@intertourandtravel.com
Tourism Board, Singapore [Edit]
stb_indonesia@stb.gov.sg
toy&snack, Cemal Cemil [Edit]
kontak@cemelcemil.com
Tree, Banyan [Edit]
btr.ungasan@suryainternusa.com
Offline Turangan, reynALDO (Aldo) [Edit]
aldonly@yahoo.com
TV, Jak [Edit]
mailbox@jak-tv.com
Unicharm [Edit]
customer@unicharm.co.id
Unilever [Edit]
Suara.Konsumen@unilever.com
Uninet [Edit]
marketing@uninet.net.id
Video, Oke [Edit]
okevideo@ruangrupa.org
View magz [Edit]
herry.barus@viewmagz.com
Warisman, Neno [Edit]
nenoeducare@telkom.net
Water, Indo [Edit]
info@indowater.com
Witoelar, Wimar [Edit]
wimar@witoelar.com
Witoelar, Wimar [Edit]
wimar@witoelar.com
WWF [Edit]
HRD@wwf.or.id
xpresi, Astro [Edit]
xpresi@astro.co.id
Yasmin (resort2) [Edit]
sales@yasminpuncak.com
Yogyakarta, Novotel [Edit]
sales@novotelyogya.com

Yudhistira [Edit]
editorialydh@cbn.net.id
Zakat, Rumah [Edit]
welcome@rumahzakat.org
Zone, Game [Edit]
gamezone_ibs@yahoo.com

Selasa, 01 April 2008

35. Kasmaran


kamu datang di sini
mengisi beratnya hari-hariku
wajahmu terasir di sudut kepalaku
bagai oase di sahara
bibirku selalu penuh senyum

oh sayang
kamu itu manusia atau bidadari sih?
ingin kuremas-remas mukamu yang indah itu
ingin kugigit-gigit hidung mancungmu
ingin kurobek-robek pakaianmu
kucium ketekmu
dan kucium bibirmu
tapi nanti Tuhan murka

cintaku tak'kan sampai padamu
sekat-sekat beton dengan kawat-kawatnya yang berkarat
memisahkan kita berdua

semoga nanti anak kita saling mencintai
semoga nanti cucuku adalah cucumu
dan cucumu adalah cucuku

Senin, 24 Maret 2008

34. Ayah, Aku Sangat Mencintaimu....


Penulis: Gus Wai (WikiMu, bisa-bisanya kata)

Prolog: Hayat Fakhrurrozi (buletin dakwah Masjid Al Hidayah)

Editor: Abu Waswas (Metro-Polutan, Bacalah apa yang tak mampu kaubaca)



Pernahkah kita berpikir sesaat seperti apa sosok ayah di mata kita? Seperti apa ayah kita? Atau seperti apa sebutan ayah itu melekat pada diri kita? Bahkan sudahkah kita berlaku sebagai seorang ayah yang didambakan istri atau anak-anak kita?



Tulisan ini paling tidak akan mengantarkan kita sedikit bernostalgia tentang ayah dan mungkin akan mengoreksi keayahan kita selama ini.



Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung pada siapa pun , dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.



Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kamu masih kecil, namun dia tidak ingin membiarkanmu menang ketika kamu sudah besar.

Ayah selalu tepat janji! Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman, meskipun ajakanmu untuk pergi sebenarnya lebih menyenangkan.



Ayah selalu sedikit sedih ketika melihat anak-anaknya pergi bermain dengan teman-teman mereka. Karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil mereka.



Ayah mulai merencanakan hidupmu ketika tahu bahwa ibumu hamil (mengandungmu). Tapi begitu kamu lahir, ia mulai membuat revisi.

Ayah membantu membuat impianmu jadi kenyataan. Bahkan dia pun bisa meyakinkanmu untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung di atas air setelah ia melepaskannya.



Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia dengan sukacita membantumu untuk mencarikannya.

Ayah mungkin tampak galak di matamu, tetapi di mata teman-temanmu dia tampak baik dan menyayangi.



Ayah lambat mendapat teman, tapi dia bersahabat seumur hidup.

Ayah benar-benar senang membantu seseorang... namuni ia sukar meminta bantuan.



Ayah di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahan ilmiah.

Dia punya rumus-rumus dan formula racikannya sendiri, dan hanya dia sendiri yang mengerti bagaimana menyelesaikan persamaan-persamaan rumit itu. Ia begitu pelan-pelan memotong cabai dan bawang. Ia akan menimbang bahan-bahan sesuai yang tertulis di majalah wanita.

Dan hasilnya? Hmmmhhh... tidak terlalu mengecewakan ^_~. Dan lebih lezat dari Farah Quinn. Yummmy!



Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia bisa belajar dengan cepat.



Ayah paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk membuatmu senang tapi tidak takut.



Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu di bahunya, kala pawai ondel-ondel lewat.

Ayah takkan memanjakanmu ketika kamu sakit, tapi ia tidak akan tidur semalaman. Siapa tahu kamu membutuhkannya.

Ayah menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau memberitahumu apa yang harus kamu lakukan, tapi ia akan menyatakan rasa tidak setujunya.

Ayah percaya orang harus tepat waktu, karena itu dia selalu lebih awal menunggumu.



AYAH ITU MURAH HATI...

Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang kamu butuhkan.

Ia menghentikan apa saja yang sedang dikerjakannya, kalau kamu ingin bicara padanya....



Ia selalu berpikir dan bekerja keras untuk membayar uang kuliah atau sekolah tiap semester. Walaupun kamu tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan di dahinya....

Ayah mengangkat beban berat dari bahumu dengan merengkuhkan tangannya di sekeliling beban itu....



Ayah akan berkata , "Tanyakan saja pada ibumu." Manakala ia hendak berkata ,"Tidak."

Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin.

Dan dia pun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya kepergok mengisap rokok di kamar mandi.

Ayah mengatakan , "Tidak apa-apa mengambil sedikit risiko asal kamu sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan."



Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatmu melakukan sesuatu hal yang baik persis seperti caranya.

Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripada prestasinya sendiri.

Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamu pergi merantau meningalkan rumah. Sebab bila dia sampai memelukmu mungkin ia tidak akan pernah bisa melepaskanmu.



Ayah tidak suka meneteskan air mata . Bilamana kamu terlahir dan dia mendengar kamu menangis untuk pertama kalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya (ssst... tapi sekali lagi ini bukan menangis:).



Saat kamu masih kecil, ia bisa memelukmu untuk mengusir rasa takutmu waktu kau mimpi akan dibunuh monster. Tapi, ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang malam, ketika anak gadis kesayangannya di tanah rantau tak memberi kabar selama hampir satu bulan.



Ayah pernah berkata, " Kalau kau ingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkualitas tinggi, janganlah mencarinya di pasar apalagi tukang loak. Melainkan datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. Begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu, ia kan berkata, "Jika kau ingin mendapatkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya."



Untuk masa depan anak lelakinya ayah berpesan, J"adilah lebih kuat dan tegar daripadaku dan pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik dari ibumu. Berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku, daripada apa yang yang telah kuberi padamu."



Dan untuk masa depan anak gadisnya ayah berpesan, " Jangan cengeng meski kau seorang wanita. Jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak! Laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan ayah. Dan ingat, jangan pernah kau gantikan posisi ayah di hatimu."



Ayah bersikeras bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik daripada kamu dulu....

Ayah bisa membuatmu percaya diri, karena ia percaya padamu.

Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, namun dia hanya mencoba melakukan yang terbaik.

Dan yang terpenting adalah... ayah tidak pernah menghalangimu untuk mencintai Tuhan. Bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar kau dapat menggapai cintaNya, karena dia pun mencintaimu karena cintaNya.

Rabu, 19 Maret 2008

33. Sak Sedotan, Kang!


Ada kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh para santri di Pondok Tambak Beras Jombang. Yaitu, jika ada seorang santri merokok, maka akan dirubung oleh santri lainnya, dan mereka gantian menyedot rokok tersebut. Untuk minta jatah merokok si santri cukup bilang " Sak Sedotan Kang".

Ini kisah tentang sak sedotan pada zaman KH Wahab Hasbullah. Pada suatu malam, ada sosok yang kelihatannya seperti seorang santri, dia sedang duduk di dekat lokasi pondok, sosok santri itu sedang merokok sendirian. Di tengah malam, wajah si perokok tak kelihatan, hanya bara apinya saja yang nampak.

Tiba-tiba ada santri muda yang datang, dan seperti tradisi ia langsung minta diberikan kesempatan numpang merokok dan berkata ," Sak Sedotan, Kang!"

Tanpa komentar apa-apa, si perokok langsung memberikan rokoknya pada si santri yang baru datang. Dengan tenangnya, santri itu langsung menerima dan mengisap rokok itu dalam-dalam. Ketika bara api rokok menerangi wajah si pemilik rokok, maka santri itu kaget dan gugup, sebab pemilik rokok adalah KH Wahab Hasbullah, mahaguru dan pemilik pondok tempat ia nyantri. Saking gugupnya, santri itu lari sambil membawa rokok milik gurunya. Kiai itu pun mengejar si santri sambil berteriak, " Hei, rokokku! rokokku!"

Sabtu, 15 Maret 2008

32. kepala kosong


sekarang saya berada di titik minus
padahal keringatku telah mendidih ratusan derajat fahrenheit

nihil optimisku
saat hanya mencari titik nol saja
tapi terhimpit oleh garis-garis suratan dan rival
yang melingkar sepanjang diagram

kelenjar air mataku nyaris rontok
darah dari arteri telah menetes
dan menguap membentuk sketsa bertuliskan putus asa

haruskah saya menyerah
matahari pun masih menggulung rotasi bumi
energi dan sinarnya menarik ketakutanku hingga tepi galaksi

haruskah saya menyerah
janji-janji kemenangan pun masih berbaris
dalam kolom ayat-ayat suci
dan bayangannya merambat ke reseptor mataku

bait-baitku bagai ironi
mentalku bagai kura-kura berkepala naga
otakku bagai bervolum 0 milimeter kubik

Sabtu, 01 Maret 2008

31. Tujuh Golongan


Di Akhirat nanti akan ada tujuh golongan yang akan dilindungi.


Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah dan pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah : pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah pada Allah, seseorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, ketika dia keluar hingga kembali padanya, dua orang yang saling mencintai, yaitu keduanya berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah, seseorang yang selalu berzikir di tempat yang sunyi hingga meneteskan air mata, seorang laki-laki yang diajak oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan yang tinggi lagi cantik untuk menggauli tubuhnya, maka ia berkata : "sesungguhnya aku takut pada Allah, Tuhan semesta alam", seseorang yang bersedekah dengan suatu sedekah dan merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dibelanjakan oleh tangan kanannya. [ HR.Bukhari dan Muslim ]