59. Tertawa



Luise Rinser, pengarang wanita yang banyak menulis tentang pengalaman relijius, pernah ketemu dengan Dalai Lama. Rinser, sangat terkesan dengan tokoh spiritual Tibet yang kini dalam pengasingan. Apa yang membuat ia terkesan akan Dalai Lama? Tertawanya!. Tawa Dalai Lama itu demikian lepas dan bebas.

Tawa itu tampaknya demikian penting dalam hidup Rinser. Dalam penutup roman terakhirnya, Aeterna, ia menulis , segala kegelisahan dan pertanyaan manusia akhirnya hanya dapat diatasi dengan tertawa. Tertawa itu membebaskan. Tertawa itu tanda dari kemerdekaan terhadap segala belenggu dan kebijaksanaan manusia yang pasrah dan menyerah.

Rinser mengajak kita untuk belajar tertawa. Sesungguhnya kita dapat menertawakan apa saja : kegelisahan, keraguan, dan problem hidup kita. Tak ada problem hidup yang akan berlangsung selamanya. Dan kita dapat mengatasi problem itu jika kita mau tertawa bersamanya.

Namun, mengapa kita jarang tertawa? Mungkin kita terlalu menganggap diri kita penting, dan hidup kita demikian serius. Kita hanya terpaku pada tugas dan tujuan hidup kita. Kita hanya mengenal kerja dan kuliah. Di luar itu, kita tidak mengenal apa pun jua. Hal ini membuat hidup kita sumpek dan jenuh, sedih, serta muram. Kita kehilangan kegembiraan dan keceriaan.

Maka dari itu kita perlu tertawa. Bila kita bisa tertawa, justru ketika kita dilanda oleh masalah yang berat, kita akan mengakui, betapa tertawa itu membebaskan. Pada saat itu pula kita tahu, bahwa tertawa itu rahmat. Memang hanya karena rahmat tertawa itu kita bisa bergembira dan bersyukur terhadap apa saja yang diberikan Tuhan pada kita, suka maupun duka.

Komentar

Anonim mengatakan…
bagus sekali

aku akan ketawa terus
Anonim mengatakan…
memang Dalai Lama

cukup bagus

kenalan yuk
Anonim mengatakan…
aku akan tertawa sahabatku
ahmadzamri mengatakan…
foto itu di LANGKAWI..pulau yang indah..dan TAX FREE..

mau kenalin sama gadis malaysia yok?boleh aja..boleh jadi kayak asyraff sinclair and bunga citra lestari ..ahaha

(sorry..bahasa indonesia ana is very bad)
Anonim mengatakan…
aldo


ha ha ha ha ha ha ha

aku ketawa sekarang
Anonim mengatakan…
Hai Anto, thanks ya dah singgah di blog ku..
Salam dari malaysia
Anonim mengatakan…
ya iya lah saya cewek dapat ide dari langit mungkin :p
teddi mengatakan…
hai salam kenal
hahaha terus2 ketawa

Postingan Populer