Selasa, 26 September 2017

204. Bedah Poster "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak"

"don't judge a book by its cover" (but it's not a book, it's a movie)

Mengulas poster teatrikal terbaru Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

(Mbak) Mouly Surya merupakan sineas berbakat dengan sedikit filmografi (Fiksi., What They Don't Talk about When They Talk about Love). Film thriller terbarunya berlatar lanskap Sumba. Variety menyebutnya "satay western", merujuk padanan frasa "spaghetti western". Film koboi. Filmnya melanglang di Festival de Cannes dan Toronto International Film Festival.

Poster internasional terasa lebih komunikatif. Ada elemen padang sabana, wanita berkuda, menenteng kepala pria! Beserta quotes poster dari media-media internasional. Dengan review yang menggoda.

Poster resmi untuk spektator Indonesia terasa lebih simpel. Bisa dikatakan minim informasi. Ada yg bilang lebih mengedepankan woman empowerment (kedigdayaan perempuan) melalui ekspresi aktris Marsha Timothy (Marlina) sesuai plot, seorang janda yang rumahnya dirampok penyamun dan melawan balik.

Coba kita tengok kasus poster Lights Out, hanya saklar mati/off di situ. Film setan, berikanlah sedikit gambaran setan di poster. Filmnya kurang moncer di sini. Distributor luar belajar ketika Don't Breathe tayang di sini. Poster simpel versi US dimodifikasi dengan elemen rumah horor dan mata pak tua. Sebenarnya masih banyak kasus poster film action Hollywood kelas B yg disesuaikan dengan penonton sini yang masih takluk dengan desain dan visual poster—sebisa mungkin komunikatif dan provokatif.

Ketika penonton ke bioskop akhir pekan, tidak semua tahu film apa yang mau ditonton. Biasanya mereka ini lama sekali mikir di meja loket. Nanya-nanya ke mbak, mbak ini film apa ya? Setelah seminggu penat bekerja, untuk penonton awam, mereka biasanya kurang aware atau ngeh film terbaru yang sedang tayang atau film apa yang review-nya positif. Tapi mestinya ini tidak terjadi, kita udah punya gawai yang serba tahu.

Kesimpulan, poster teatrikal terbaru Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang tayang 16 November ini kurang komunikatif di mata penonton awam dan jangan meremehkan penonton awam, ceruknya lumayan besar. Semoga Marlina tembus angka emas, 1 juta penonton. Bersama rival berat Beyond Skyline dibintangi Iko Uwais dan Yayan Ruhiyan, jika tayang bersamaan. 😂

Tidak ada komentar: