Kamis, 01 Oktober 2015

176. Misteri Penunggang Kuda Buntung

Pada pengujung abad 18, seorang detektif-polisi rasional ditugaskan menyelidiki kasus teror penunggang kuda buntung yang hobi menebas kepala orang di desa suram bernama Sleepy Hollow di Kabupaten Westchester. Ichabod Crane (Johnny Depp), nama detektif itu, sekaligus melakukan uji coba pada penanganan kriminal secara ilmiah dan modern, seperti otopsi dan penyelidikan-penyidikan komprehensif dan logis. Itu lantaran di Kota New York masih diterapkan hukum kuno. Antara lain tidak adanya asas praduga tak bersalah.

Sleepy Hollow (1999)

Di desa muram dan kelabu itu, Ichabod dihadapkan pada hal yang melampaui kasus natural: supranatural. Korban antara lain si juragan tanah Peter Van Garrett (Martin Landau), anaknya, dan janda Winship, simpanannya. Lalu berlanjut ke korban-korban selanjutnya. Rupanya target penunggang kuda tidak acak, melainkan terencana.

Penunggang misterius ialah seorang pembantai ulung di era perang revolusi Amerika yang hobi memenggal kepala musuhnya. Ada masanya ia bernasib sama, dan arwahnya diperdaya oleh seorang wanita yang menggadaikan jiwanya pada setan. Arwah penunggang kuda tersebut dikendalikan oleh wanita yang menyimpan api dendam di dada pada keluarga Peter Van Garret dan keluarga Van Tassel (Michael Gambon).

Dibantu oleh anak pembantu keluarga Van Garret yang juga jadi korban, Masbath Jr. (Marc Pickering) dan Katrina (Christina Ricci), anak Van Tassel. Bagaimanapun selalu ada api sebelum asap membumbung di desa Sleepy Hollow. Masih dengan kerja ilmiah, Ichabod takut-takut berani membongkar pelan-pelan misteri di balik keangkaramurkaan Sang Penunggang Kuda Buntung (Christopher Walken/Ray Park).

Gaya Tim Burton menampilkan desa Sleepy Hollow dengan tonase warna dan efek gelap pasti pas dengan suasana cerita. Nggak ada plot bertele-tele. 105 menit serasa padat dan meneror. Untuk pembawaan khas Johnny Depp yang agak slengean dan galau akibat memori traumatik masa lalu bersama ayahnya yang kerap menganiaya ibunya. Dia semakin karam ketika dihadapkan pada ketakutan dan bagaimana mampu menghadapi ketakutannya dengan kepala tegak. Christina Ricci sebagai Katrina tampil sebagai gadis bersahabat yang disalahpahami oleh Ichabod Crane.

Musik latar film ini juga terdengar artistik dan mempertebal suasana film yang dipinang dari cerpen milik Washington Irving berjudul The Legend of Sleepy Holow. Pada akhirnya habis gelap terbitlah terang. Awal abad baru datang. Selamat tinggal hukuman kuno.

Tidak ada komentar: