Senin, 03 Februari 2014

143. Penipu Ditipu Penipu

Sepandai-pandainya bajing melompat pasti nyusrup juga. Begitulah kira kira pepatah yang cocok buat film American Hustle. Film bergenre musical-drama ini menggondol Piala 71st Golden Globe Award tahun ini untuk kategori comedy or musical movie. Dengan ensembel para pemain yang menjanjikan, film ini seakan menawarkan pengembangan karakter tiap pemainnya. Sebut saja Jennifer Lawrence yang pernah meraih best actress in leading role for Academy Award 2013 untuk film Silver Linings Playbook, yang beradu akting dengan Bradley Cooper, yang mana Cooper juga bermain di film ini menjadi Richard, agen FBI yang terlalu ambisius membongkar praktik suap di Kongres AS tahun 73. Juga si Batman, Christian Bale yang merubah total tampilan fisiknya menjadi pria buncit dan botak rambutnya. Ini adalah kali kedua Bale mengorbankan perubahan fisiknya demi peran di layar emas setelah menjadi amat kurus dalam film The Machinist.


Judul: American Hustle

Sutradara: David O Russel

Pemain: Christian Bale, Amy Adams, Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Jeremy Renner.

Penulis skenario: David O Russel, Eric Warren Singer

Produksi: Annapurna Pictures

Musik: Danny Elfman



Alkisah, Irving (Bale), adalah penipu sekaligus pengusaha binatu yang juga menipu pembelinya akan benda-benda seni yang aspal, asli tapi palsu. Suatu hari ia bertemu dengan Edith (Amy) dan menyukainya karena pintar dan seksi. Sampai suatu saat ketika Richard (Cooper) berhasil menangkap Edith karena persengkongkolannya dengan Irving. Edith dipenjara, tapi Irving tidak. Agar Edith bisa selamat maka Richard menawarkan kejasama dengan menangkap para koruptor di Kongres. Namun misi mereka terlalu riskan lantaran juga menjebak Walikota Carmine Polito (Renner), walikota "baik baik" yang mau membangun kasino demi membuka lapangan kerja untuk warganya yang menganggur.


Bagaimanakah nasib Irving yang harus berhadapan dengan mafia yang bisa mengancam keluarganya? Juga nasib pernikahannya dengan Rosalyn (Lawrence)? Termasuk agen FBI ambisius yang mesti dipecat karena mentransfer uang 20 juta dolar milik anggaran FBI kepada penipu?


Aku suka tokoh Rosalyn yang galau tapi liar, tapi porsi dia di film ini kecil sehingga dia memang lebih layak nerima Oscar untuk perannya di Silver Linings Playbook tahun lalu. Juga Edith atau Sydney yang kuat, tidak mau ML dengan lelaki kecuali sudah serius dengannya. Ia juga dengan baik mengekspresikan kesakitan hatinya karena Irving dianggap menjebaknya dan tidak sungguh sungguh mencintainya. Pertengkarannya dengan Rosalyn di toilet menjadi ''cat fight" terbaik versiku hehehe.


Secara garis besar film ini menarik, belum lagi backsound lagu lagu di era 60-70an yang enak didengar. Paling gak, dapat 3,7 dari 5 bintang versi Abu Waswas.