Selasa, 29 Oktober 2013

141. Saat Wabah Flu Menjadi Bencana



Judul: The Flu
Genre: Drama-thriller, disaster
Sutradara : Kim Seong Su
Penulis Naskah : Kim Seong Su
Pemain :
Jang Hyeok, Soo Ae, Park Min Ha, Yoo Hae Jin, Ma Dong Seok, Kim Ki Hyeon
Studio: CJ Entertainment

Dua petugas pemadam kebakaran menemukan segerombolan imigran tewas dalam peti kontainer di pelabuhan Bundang (halo-halo Bundang, eh?). Ternyata masih ada satu imigran Filipina yang selamat dan terjangkit flu burung. Sialnya dia kabur saat akan digelandang ke kantor imigrasi.

Tak pelak, virus dengan cepatnya mewabah dalam kurun 36 jam. Semua warga terjangkit, mulai dari polwan yang sedang bertugas hingga mempelai wanita yang akan menikah, hingga mereka ambruk dengan mulut bersimbah darah. Demi upaya meredam wabah, Pemerintah mengisolasi Bundang dan melarang warganya untuk keluar. Sontak semua warga menjadi rusuh; supermarket dijarah, warga bentrok dengan aparat, dan kota kacau balau. Seorang pemadam kebakaran, Kang Ji-Koo (Jang Hyuk), termasuk yang dikarantina demi menyelamatkan Dr Kim In-Hae (Soo-Ae) yang anaknya, Mirre (Park Min-Ha) telah terjangkit. Mereka berdua dikejar-kejar waktu demi mencari antibodi dan tentu menyelamatkan anaknya agar tidak dimusnahkan aparat. "Dimusnahkan" merujuk pada sinematografi saat ribuan warga sekarat dibuang bak sampah ke stadion dan akan dibakar. Sebuah gambar yang cukup meremas hati penontonnya.

Film Korea tema disaster-virus pernah dirilis tahun 2006 (The Host) yang sempat menjadi box office. Dengan mengangkat virus flu burung, film ini mencoba menggambarkan bagaimana sebuah kota dan negara sangat panik menghadapi virus yang telah bermutasi dan tak ada obatnya itu. Keadaan semakin pelik saat sekutu Korsel yaitu USA ikut campur dan membuat geram presiden Korea (diwujudkan dengan presiden pria, ganteng, harusnya presiden Korea kan perempuan).

Flu menjadi salah satu film terbaik tahun ini. Nggak rugi kalaupun saya harus bayar 100.000 per tiket. Padahal saya pesan tiket jam diskon wkwkwkwk. Film ini sudah diputar sejak 9 Oktober di jaringan blitzmegaplex.