Senin, 16 Februari 2009

67. kemuliaan & keagungan Sholawat atas nabi Muhammad (part 1)


Bacaan sholawat:
Allaahumma sholi 'alaa sayyidinaa Muhammad, wa 'aala aali sayyidinaa Muhammad.

Keutamaan sholawat
Sholawat kepada nabi kita Muhammad SAW menjadi ibadah yang sangat agung dan mulia yang didalamnya mengandung banyak fadilah dan keutamaan. Hal ini disebabkan karena ibadah sholawat terkait langsung dengan nabi Muhammad. Di antara keutamaan ibadah sholawat adalah sbb:

Pertama; Al Imam Al Arif Billah Al Habib Abdurrahman Musthofa Alaydrus mengatakan bahwa di akhir zaman yang tidak ada lagi murrabi hingga tidak ada lagi seorang murid yang dapat sampai kepada Allah SWT kecuali dengan memperbayak sholawat kepada nabi kita Muhammad SAW.

Kedua; para ulama sepakat bahwa semua amal ada yang diterima dan ada yang ditolak. Sementara sholawat kepada nabi Muhammmad dipastikan diterima. Hal ini disebabkan karena kemuliaan dan keagungan nabi kita Muhammad SAW. Keterangan ini bisa dirujuk dalam kitab "An Nujum Azzahirah" pada halaman 149 karya Al Habib Al Allamah Zen bin Ibrahim bin Sumait.

Ketiga; sholawat kepada nabi Muhammad adalah menyesuaikan dengan apa yang dikerjakan oleh Allah SWT dan para malaikatnya.

Keempat; satu kali kita bersholawat kepada nabi Muhammad dibalas oleh Allah dengan 10 kali sholawat, 10 derajat, 10 kebaikan, dan dihapuskan 10 keburukan
Kelima; sholawat menjadi penyebab dibawa naiknya doa menuju Allah SWT. Penyebab untuk mendapatkan syafaat. Penyebab diampuni dosa-dosa. Penyebab dicukupkannya apa yang diinginkan hamba. Penyebab dekatnya kita dengan nabi Muhammad.Penyebab dikabulkannya hajat.
Penyebab bersholawatnya Allah dan para malaikat-Nya kepada seorang hamba. Penyebab jawaban nabi bagi siapa saja yang bersholawat dan salam. Penyebab untuk mengingat apa yang telah lupa.

Penyebab untuk menghilangkan kefakiran. penyebab untuk hilangnya sebutan bakhil bagi seorang hamba. Penyebab melimpahnya nur di shirot nanti. penyebab dipujinya hamba baik di langit maupun di bumi.Penyebab berkahnya amal dan umur. Penyebab untuk kontinyunya perasaan cinta kepada nabi Muhammad. penyebab Rasulullah mencintai seorang hamba. Penyebab hidayah dan hidupnya hati.Penyebab nama seorang hamba dikenal dan disebut oleh nabi Muhammad

Keenam; sedekah bagi orang miskin dan pembersih hati.Pemberi kabar gembira pada saat sakaratul maut.Penyelamat bagi semua huru-hara kengerian hari kiamat.Penyebab majlis menjadi baik. Penyebab turunnya rahmat. Penyelamat kaki di atas shirot. Sebagai pembayar hak yang paling minim terhadap Rasulullah SAW. Sebagai tanda syukur terhadap nikmat Allah SWT.
Keterangan poin ketiga hingga keenam dapat dirujuk pada kitab "Abwabul Faros" pada halaman 374-377 karya Al Habib Muhammad bin Alwi Al Maliki Al Hasani.

Ketujuh; Imam Al Ghazali RA, di dalam kitabnya "Ihya Ulumudin" mengatakan bahwa berlipat gandanya pahala sholawat atas nabi Muhammad karena sholawat itu mengandung banyak kebaikan dengan sebab di dalam sholawat tercakup hal-hal berikut;
1)Pembaharuan iman kepada Allah SWT dan Rasulnya, nabi kita tercinta Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam.
2) Pemuliaan dan pengagungan terhadap nabi kita Muhammad SAW.
3)Menyebut orang-orang sholeh dan menampakkan rasa cinta terhadap mereka.
4) Bersungguh-sungguh dan bertadarru dalam berdoa.
5)Pengakuan bahwa semua urusan berada dalam kekuasaan Allah SWT.

BERSAMBUNG

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah sangat bagus dan menarik
aku akan mengamalkannya