Rabu, 12 Juli 2017

Dear Buk-Hari...

"Diary Ramadhan Penuh Berkah Bersama Abutours & Travel"

Dear Buk-Hari… (buku harian)

Ramadhan hari 2, 28 Mei 2017

Dear bukhari, hari Minggu puasa hari kedua. Gawe juga lagi off nih. Daripada tidur lemas di rumah aku jalan-jalan aja naik bus transjakarta. Biasa sendirian. Rencananya mau nonton Pirates of The Caribbean ke-5 di Central Park. Naik dari halte Kebayoran dan turun di halte Grogol 1-transit Grogol 2. Tapi anehnya begitu sampai di Grogol 1 aku bablas aja ke Harmoni Sentral. Malah naik koridor 6, dan turun di Warung Jati. Dalam hati film Pirates ke-4 saja sungguh menjemukan walau film itu anggaran termahal dalam sejarah (sampai saat ini). Kemudian berbalik ke koridor 1 arah Blok M. Mau nonton WonderWoman saja bulan depan.

Dahulu sebelum suka nonton bioskop, cinta pertamaku adalah toko buku, paling sering ke Gramedia Melawai. Bahkan kalau bolos sekolah pun (agak bandel dulu) larinya ke sana bareng teman. Jam 10 begitu toko dibuka langsung disambut oleh semua staf dan kru toko. Pipiku sampai memerah kalau disambut begitu. Aku kan cuma numpang baca, nggak beli. Kadang saking nggak enaknya akhirnya aku beli novel, komik, apa saja yang sedang diskon.

Begitu sampai di terminal Blok M aku masuk ke rubanah (basement) tapi aku dicegat oleh pria bertopi. Aku siap-siap kejadian buruk akan terjadi meski bulan puasa kejahatan tak kenal musim.

“Mas, saya butuh ongkos. Duit saya hilang. Dompet saya.” Dia meminta dengan lirih. Hatiku agak plong. Kusangka dia akan memalak.

“Butuh berapa?”

“10.000.”

Dia berterima kasih. Tapi tahukah Anda apa yang dia ucapkan sembari mengejek? “Bego banget nih orang, mau aja dibohongi.” Sebenarnya dia bicara pelan, tetap saja kuping mudaku yang sudah tak pernah lagi disumpal headphone ini mendengar jelas. Walau cuaca sedang berawan, seolah semua awan di atmosfer runtuh di terminal itu. Sejak awal sudah kuduga kalau lelaki itu jahat. Janggal saja kalau kehilangan dompet lalu tak bisa pulang. Tidakkah dia punya ide menaruh dua uangnya di kantong berbeda seperti saya? Setelah pulangnya aku baru sadar, mengapa tidak dia naik transjabodetabek saja, pakai  Jackcard-ku? Tidak ada uang tunai yang keluar. Aku juga bingung sih karena manajemen transjakarta yang semrawut transjabodetabek pernah berhenti beroperasi.

Aku agak dongkol. Rencanaku ke Gramedia Melawai gagal. Lagipula Gramedia Melawai sudah pindah ke Cibubur. Ada toko Gramedia baru di seberang Blok M Square yang lebih kecil.

****

Dear Buk-Hari…

Ramadhan hari 8, 3 Juni.

Sekitar seminggu lalu aku ikutan kuis dari bioskop, menebak adegan film apa dari foto yang di-post. Ternyata jawabanku tepat. Dua voucher segera mendarat ke rumah, harganya setara 100.000 rupiah. Sekejap jua aku teringat peristiwa di terminal Blok M. Inikah balasan dari berkah Ramadhan dan berkah berbagi. Kendati sesaat aku merasa dibohongi, begitu buka puasa di rumah hari itu aku ikhlaskan saja semua pada Allah. Niscaya akan dibalas. Dan alhamdulillah dibalas 10 kali lipat. Tapi tetap saja, kita mesti mawas diri pada orang asing yang gesturnya mencurigakan. Kemawasdirian kita yang berlebihan sehingga sungkan membantu orang juga kurang baik. Tetaplah menolong meski kantongmu bolong. Serahkan masalah kita pada Allah yang maha kaya dan penolong. Aamiin.

***

Buk-Hari, begitu saja pengalaman menarikku saat Ramadhan dalam rangka sedang mengikuti Blog Contest Ramadhan Bersama Abutours & Travel. Jika pembaca ingin umroh murah bisa daftar umroh ke Travel Umroh tersebut seperti Abutours. Di sana akan ada semacam generator dengan parameter yang disesuaikan dengan kebutuhan ibadah umroh, lalu keluar pula biaya umroh sesuai tempat keberangkatan, waktu, dan jenis paket. Atau mau rencana haji umroh tahun depan juga bisa. Apalagi umroh Ramadhan 2018. Terencana deh. 

Tulisan lain berupa cerpen bisa diklik di sini

#LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh

Tidak ada komentar: